Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Sahabat kreatif, tahun ini Universitas Teuku Umar (UTU) kembali menggelar ajang bergengsi yang kita kenal dengan nama UTU Awards. UTU Awards adalah ajang kompetisi mahasiswa antar perguruan tinggi yang diselenggarakan pertama kali pada tahun 2015. Tujuan utama dari kompetisi ini adalah untuk menumbuh-kembangkan semangat mahasiswa dalam berwirausaha, serta untuk mengasah kreativitas, berfikir kritis, kolaborasi, dan pemecahan masalah. Dengan kemajuan teknologi dan perubahan zaman yang begitu cepat, diharapkan mahasiswa punya bekal keahlian dan pengalaman yang cukup dalam menghadapi tantangan kehidupan setelah lulus kuliah.

Selain itu, perlu diketahui bahwa UTU memiliki visi “Menjadi sumber inspirasi dan referensi dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan bisnis di sektor industri berbasis agro-and marine industry di tingkat regional (2025), nasional (2040), dan internasional (2060) melalui riset yang inovatif, kreatif dan berdaya saing tinggi.” Oleh karena itu, UTU Awards juga merupakan upaya UTU dalam mendorong pencapaian visi tersebut, khususnya di bidang kemahasiswaan. UTU berkomitmen untuk mendorong kemajuan ilmu pengetahuan dan peradaban melalui penyelenggaraan pendidikan tinggi yang bermutu dan berdaya saing.

The 7th UTU Awards 2021 terbuka bagi mahasiswa jenjang sarjana (S1) dan diploma IV (D4) yang berasal dari perguruan tinggi baik di dalam negeri maupun luar negeri. Kategori yang dikompetisikan adalah: (1) Riset Kewirausahaan, (2) Perencanaan Bisnis, (3) Produk Inovatif Berbasis Agro-and Marine Industry, dan (4) Desain Toko Online. Karya yang Sahabat Kreatif ajukan dalam setiap kategori diharapkan relevan dengan pola ilmiah pokok (core product) UTU, yaitu industri berbasis pertanian dan marina. Jumlah pendaftar UTU Awards terus meningkat setiap tahunnya dengan ide kreatif dan kualitas proposal yang beragam. Oleh karena itu, untuk menjunjung tinggi sportivitas dan keadilan, setiap proposal yang masuk dinilai oleh Dewan Juri yang dipilih atas kepakaran, reputasi, dan pengalaman mereka di bidang kategori kompetisi, serta berasal dari berbagai kampus ternama.

Sebagai penutup, terima kasih kepada Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang terus mendukung kompetisi UTU Awards dalam banyak hal. Ucapan terima kasih juga kami sampaikan kepada seluruh dosen pembimbing di berbagai perguruan tinggi yang ikut berkontribusi dalam kesuksesan anak didiknya dalam ajang bergengsi ini. Tidak lupa, ucapan terima kasih kepada seluruh panitia yang terlibat dalam penyelenggaraan The 7th UTU Awards 2021.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

5/5