Kata Pengantar

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah mengeluarkan empat kebijakan mengenai Pendidikan Tinggi di awal tahun 2020. Empat kebijakan tersebut terangkum dalam Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka; pembukaan program studi baru, sistem akreditasi perguruan tinggi, perguruan tinggi negeri badan hukum, dan hak belajar tiga semester di luar program studi.

Untuk mendukung program Kampus Merdeka, khususnya pemenuhan hak mahasiswa untuk dapat belajar di luar program studi dan atau perguruan tinggi dimana dia menempuh pendidikan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi menyelenggarakan Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Tahun 2021. Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk mengikuti proses pembelajaran di kampus-kampus perguruan tinggi manapun di Indonesia sebagai bagian dari upaya penguatan dan atau perluasan kompetensinya. Disamping itu, melalui program Pertukaran Mahasiswa Merdeka mahasiswa diharapkan dapat meningkatkan wawasan kebangsaan, cinta  tanah air, serta memiliki pemahaman tentang kebinekaan dan toleransi. Mahasiswa akan memiliki pemahaman yang luas tentang keragaman budaya, adat istiadat, suku bangsa, bahasa dan berbagai potensi kekayaan sumber daya serta potensi lainya yang dimiliki oleh bangsa dan negara. Hal ini hanya dapat dicapai melalui pertukaran mahasiswa antar kampus, antar wilayah, dan kepulauan, melalui kerja sama antar perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Panduan ini merupakan panduan umum penyelenggaraan program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Tahun 2021 yang disusun untuk dijadikan pedoman pelaksanaan kegiatan Pertukaran Mahasiswa Merdeka Tahun 2021 di perguruan tinggi. Dengan buku panduan ini, perguruan tinggi akan memiliki gambaran bagaimana merencanakan, mengorganisasi, menyelenggarakan serta mengevaluasi setiap kegiatan program Pertukaran Mahasiswa Merdeka untuk pengembangan dan penyempurnaannya di masa yang akan datang.

Semoga panduan ini juga bermanfaat bagi perguruan tinggi yang akan melaksanakan program Transfer Kredit antar program studi atau perguruan tinggi dalam negeri dalam upaya peningkatan dan pemerataan kualitas pembelajaran, kelembagaan maupun kompetensi dan wawasan mahasiswa.

https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/pertukaranMahasiswaMerdeka2021

5/5
English English Indonesian Indonesian